Pelayanan : Senin - Sabtu Pukul 08.00 -16.00

Kandungan Nutrisi di Dalam Buah Belimbing

Manfaat belimbing didapatkan dari kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Beberapa kandungan nutrisi di dalam buah belimbing adalah:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C
  • Vitamin B5
  • Vitamin B9 (asam folat)
  • Natrium
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Kalium
  • Magnesium

Selain itu, buah yang masih satu keluarga dengan belimbing wuluh ini juga mengandung beragam antioksidan, seperti beta karoten, asam galat, dan quercetin.

Berkat kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya, buah belimbing bahkan sering digunakan sebagai pengobatan ayurveda untuk mengatasi demam, batuk, diare, dan sakit kepala kronis.

Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

1. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat buah belimbing dalam membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena belimbing termasuk buah yang rendah kalori dan mengandung banyak serat, sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Tingginya kandungan serat tidak larut air (insoluble fiber) pada buah belimbing dinilai dapat menghambat penyerapan glukosa, sehingga mampu menurunkan dan mencegah lonjakan kadar gula darah.

Manfaat belimbing ini tentu sangat baik dirasakan oleh penderita diabetes yang ingin mengendalikan kadar gula darahnya.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat belimbing selanjutnya yang tak kalah penting adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah belimbing kaya akan vitamin C yang berperan dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan, buah belimbang yang memiliki berat 90 gram sudah mampu memenuhi sekitar 50% dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Berkat kandungan seratnya yang cukup tinggi, buah belimbing juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tidak hanya berguna untuk membantu melancarkan pencernaan, belimbing juga dapat meredakan gejala sembelit, kembung, dan diare.

5. Memelihara kesehatan jantung

Tingginya kandungan natrium dan kalium dalam belimbing dapat bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh. Hal ini tentu berguna untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dan memastikan detak jantung tetap teratur.

Tak hanya itu, berkat kandungan antioksidan di dalamnya, buah ini juga mampu menangkal efek radikal bebas yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler dan stroke.

6. Mengurangi risiko terkena penyakit kanker

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat buah belimbing dalam mencegah risiko terkena penyakit kanker. Hal ini terjadi berkat kandungan antioksidan beta karoten dalam buah belimbing yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker lambung dan kanker usus besar.

Meski terdapat beragam manfaat belimbing, penting untuk diperhatikan bahwa beberapa khasiat tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

Tak hanya itu, perlu diingat juga bahwa mengonsumsi belimbing secara berlebihan juga bisa menimbulkan efek buruk pada sebagian orang, terutama pada penderita gangguan ginjal.

Hal ini karena belimbing mengandung asam oksalat dalam jumlah besar. Jika dikonsumsi secara rutin, belimbing bisa menyebabkan masalah neurologis, seperti kebingungan, kejang, bahkan kematian.

Oleh karena itu, jika Anda ingin merasakan manfaat belimbing tetapi memiliki kondisi atau masalah medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan saran yang sesuai.

Source : https://www.alodokter.com/kandungan-dan-manfaat-belimbing-bagi-kesehatan-tubuh

Previous KATUK

Leave Your Comment

Connect With Us

Bendul Merisi Permai Blok L No. 23 A

Kel. Bendul Merisi Kec. Wonocolo 

Kota Surabaya – 60239

Opening Hours:

Senin – Sabtu pukul 08.00 – 16.00

Layanan Online

Cakupan Wilayah

Copyright - KIM Bendul Merisi 2020